Home » » KITAB NEGARAKERTAGAMA JADI MEMORI DUNIA

KITAB NEGARAKERTAGAMA JADI MEMORI DUNIA

Koleksi dokumen sejarah kerajaan Majapahit milik bangsa Indonesia, kitab Negarakertagama, telah diakui sebagai Memori Dunia oleh UNESCO. Kitab sastra yang ditulis Empu Prapanca di sekitar tahun 1350-1389 itu menceritakan perjalanan sejarah Kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan Sri Rajasanagara (Hayam Wuruk). Kitab yang ditulis di atas daun lontar tersebut terdaftar dalam The Memory of the World Regional Register for Asia/Pacific.
”Tentu saja pengakuan ini sangat membanggakan karena Indonesia memiliki peninggalan sejarah yang diakui internasional,” kata Dady P Rachmananta, Kepala Perpustakaan Nasional, di Jakarta, Jumat (23/4). Naskah Negarakertagama saat ini tersimpan di Perpustakaan Nasional, Jakarta.


UNESCO memberikan pengakuan pada dokumen-dokumen sejarah dari berbagai negara dalam program Memori Dunia dengan tujuan memelihara dan menyebarluaskan arsip-arsip serta koleksi berharga yang tersimpan di perpustakaan dari seluruh dunia.
Dady mengatakan, manuskrip Negarakertagama ini dulunya pernah dibawa VOC ke Belanda. Beruntung pada masa pemerintahan Soeharto tahun 1974, setelah melalui lobi-lobi intensif, manuskrip ini bisa dibawa kembali ke Indonesia.
Suyanto, Kepala Pusat Pengembangan Koleksi Perpustakaan Nasional, mengatakan, penghargaan ini memberikan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia atas kejayaan masa lalu. Karena itu, manuskrip kuno yang dimiliki bangsa ini perlu dijaga dan dimanfaatkan untuk pembelajaran masa depan. (ELN).

Sumber berita :  
http://nasional.kompas.com/read/2008/05/24/08444424/negarakertagama.diakui.sebagai.memori.dunia
Share this article :

12 komentar:

  1. Sowan Kang..., sejarah Majapahit menjadi Memori Dunia ..., mantap buanget ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo-monggo mlebet kemawon .... rahayu ....

      Hapus
  2. Negarakertagama menjadi memori dunia ... berbanggalah aku sebagai putro wayah Majapahit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bukan hanya berbangga, tetapi kita wajib menjaga serta melestarikannya ........

      Hapus
  3. Thank's for following me. I'm now following you back:)

    BalasHapus
  4. perlu di buat acara narsis neh .... lokasi bagus2

    BalasHapus
  5. Untung bisa di tarik kembali ke Indonesia, kalau tidak, bisa bisa manuskrip Negarakertagama tersebut diakui oleh negara lain, seperti yang baru baru ini sering terjadi.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sebagai warga negara Indonesia, ayo kita lindungi segala macam bentuk budaya asli Indonesia, jangan kita membeo dan mengekor budaya asing (seperti sekarang ini). Kita pasti akan kehilangan jati diri sebagai bangsa yang besar.

      Hapus
  6. RAHAYU, NUWUN SEWU KANGMAS, MATUR AGUNGING PANUWUN WONTEN SADULUR SING ISIH KERSA HAMBIYANTU LAN HAMIWITI JAMAN KEJAYAN, MONGGO KITA SAMI MANGAYU HAYU BAGYO MUGYO KALATIDHU LAN KALABENDU SUMINGKIR SAKING BUMI MAJAPAHIT

    BalasHapus
  7. Apik kang moga NKRI bisa seperti majapahit dahulu...atau mungkin suasana ke-majapahitan bisa disegarkan lagi dijaman yang ruwet ini...

    BalasHapus

Google+ Followers

BLOGGER INDONESIA SEO Reports for wilwatiktamadani.blogspot.com
Check Google Page Rank Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
free counters

Copy kode di bawah ini ke blog sobat, shout-me dan saya pasti linkback anda as soon as posible ....

Popular Posts

Komentar Blog

 
Support : Majapahit Wilwatikta | Cara Gampang
Copyright © 2013. INFO MAJAPAHIT WILWATIKTA - All Rights Reserved
Template Modified by Creating Website Published by Majapahit Wilwatikta
Proudly powered by Blogger