Home » » OPTIMASI BLOG WILWATIKTA MADANI

OPTIMASI BLOG WILWATIKTA MADANI

Berbicara perihal Optimasi Blog Wilwatikta Madani ini sebenarnya telah keluar jalur thema blog Wilwatikta Madani ini sendiri. Tetapi saya merasa harus menuliskan hal ini bertolak pangkal dari kesedihan saya melihat posisi Alexa-rank blog Wilwatikta Madani ini yang sejak dibentuknya hingga saat artikel ini dimunculkan masih juga belum beranjak dari angka 0 (nol).

Setelah saya selidiki secara mendalam (tentu saja secara obyektif), kemudian mencari solusi dan referensi ke sana kemari, akhirnya saya sampai kepada suatu kesimpulan bahwa blog Wilwatikta Madani ini perlu dan harus dilakukan serentetan program optimalisasi blog, tujuannya adalah untuk memperbaiki posisi Alexa rank sekaligus mampu bersaing di jajaran 10 besar SERP. 


Setelah mempelajari, mengamati sekaligus mencobanya dalam beberapa dummy-blog yang telah dibuat, maka diperoleh kesimpulan bahwa optimasi blog tidak dapat dilepaskan dari yang namanya SEO (search engine optimization) yang secara harafiah dapat diartikan sebagai suatu rangkaian usaha optimasi blog dengan tujuan memperbaiki perankingan Google maupun Alexa rank, yang pada akhirnya dapat mendatangkan kunjungan (visitor) demi perkembangan blog ke depannya.

Masalah SEO blog itu sendiri secara garis besar dibedakan ke dalam dua kategori besar yaitu SEO On-Page (optimalisasi blog) dan apa yang disebut dengan SEO Off-Page (berkaitan dengan urusan backlink). Selanjutnya sebagai langkah awal, saya memutuskan untuk menempuh langkah optimasi blog (SEO On-Page) terlebih dahulu, hal ini berkaitan dengan upaya untuk menaikkan peringkat Alexa-rank serta Google indexing terlebih dahulu. Perkara SEO On-Page ini termasuk ke dalam suatu usaha optimasi yang tidak mudah untuk dilaksanakan, banyak hal yang harus dilakukan, menuntut kesabaran serta ketelitian yang cukup mendalam.

Selanjutnya secara perlahan namun pasti saya upayakan secara sistematis, bertahap dan berkesinambungan untuk melaksanakan SEO On-Page tadi dengan menempuh langkah-langkah awal yang berupa  :
  1. Memasang Meta-Tag SEO Friendly (termasuk Google meta-tag), yang bertujuan agar blog Wilwatikta Madani ini lebih bersifat SEO Friendly artinya adalah supaya blog Wilwatikta Madani ini lebih mudah dikenali oleh Google search engine yang merupakan raja search engine dunia. Tentang bagaimana SEO Friendly yang saya pergunakan, nantinya akan dibahas dalam artikel tersendiri untuk itu.
  2. Langkah kedua yang saya tempuh dalam hal ini adalah memasang Navigasi Breadcumb yang bertujuan untuk membantu memberikan arahan (navigasi) kepada robot search engine saat ia melakukan penelusuran konten (isi) blog Wilwatikta Madani ini. Ini saya lakukan dengan pemikiran bahwa robot search engine seperti juga manusia, saat ia masuk ke blog Wilwatikta Madani ini, ia seperti masuk ke dalam suatu kawasan hutan yang lebat, sehingga agar ia bisa selamat, maka diperlukan seorang guide (penunjuk arah) yang dalam hal ini diperankan oleh sebuah Navigasi Breadcumb. Mengenai Navigasi Breadcumb ini, apa dan bagaimana berntuknya, serta bagaimana membuatnya, akan diuraikan dalam artikel tersendiri.
  3. Langkah ketiga yang saya lakukan adalah dengan memasang script Permalink SEO pada blog Wilwatikta Madani ini. Fungsi dari pada script ini adalah untuk memasang serta menambah permanen link pada blog Wilwatikta Madani ini, yang pada akhirnya bertujuan untuk membantu perkuatan internal-link blog ini. Mengenai cara pembuatannya, nanti akan dibahas pada artikel tersendiri.
  4. Langkah keempat dan saya anggap paling penting adalah membuang semua script backlink gratisan, hal ini saya lakukan karena sebagian besar backlink gratisan tersebut menyebabkan "error 404 not found" saat saya melakukan check backlink. Dalam kacamata saya error 404 ini nantinya akan mempengaruhi proses indexing yang dilakukan oleh robot Google search engine.
  5. Langkah kelima adalah dengan memasang navigasi halaman, hal ini saya lakukan untuk mengantisipasi Google pagerank yang saat ini menerapkan page-rank per halaman blog. Pemasangan navigasi halaman ini adalah untuk mempermudah saya mendeteksi halaman-halaman mana yang sering mendapat kunjungan serta halaman-halaman mana yang tidak pernah dikunjungi sama sekali.
Satu hal terpenting yang telah saya lakukan pertama-tama sebelum memulai kelima langkah tersebut di atas adalah dengan melengkapi atau memasang Alexa Toolbar pada browser Firefox saya, hal ini saya rasakan cukup banyak membantu utamanya untuk melakukan pendeteksian page-rank per halaman blog yang ada dalam blog Wilwatikta Madani ini.

Sekian dulu ulasan yang pertama ini, artikel ini tidak bermaksud menggurui siapapun, tetapi murni berdasarkan pengalaman pribadi saya. Terus terang, dalam hal ini saya tetap menyadari bahwa semua upaya tersebut di atas tidak akan mungkin akan berhasil dalam waktu singkat, tetapi minimal saya telah berusaha untuk melakukan sebuah langkah optimasi blog.


Share this article :

3 komentar:

  1. Optimasi blog itu memang penting dilakukan agar blog yang kita miliki dapat memperoleh pagerank yang bagus serta dapat menempati peringkat 10 besar SERP. Salam kenal dan terima kasih.

    BalasHapus
  2. Informasinya mantap banget gan, bisa dicontoh

    BalasHapus

BLOGGER INDONESIA SEO Reports for wilwatiktamadani.blogspot.com
Check Google Page Rank Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
free counters

Copy kode di bawah ini ke blog sobat, shout-me dan saya pasti linkback anda as soon as posible ....

Popular Posts

Komentar Blog

 
Support : Majapahit Wilwatikta | Cara Gampang
Copyright © 2013. INFO MAJAPAHIT WILWATIKTA - All Rights Reserved
Template Modified by Creating Website Published by Majapahit Wilwatikta
Proudly powered by Blogger