Home » » USAHA MENAIKKAN PAGERANK BLOG (GOOGLE PAGERANK)

USAHA MENAIKKAN PAGERANK BLOG (GOOGLE PAGERANK)

Majapahit Wilwatikta
MAJAPAHIT WILWATIKTA. Mayoritas blogger di dunia ini tentu menginginkan blog yang dikelolanya dapat memiliki pagerank blog yang tinggi. Ada kebanggaan tersendiri bilamana hal tersebut bisa diperoleh seiring dengan berjalannya waktu dan segala usaha yang telah dilakukannya. Banyak sudah tutorial-tutorial (yang tersebar di dunia internet) tentang usaha menaikkan pagerank blog (Google Pagerank) ini, namun menaikkan pagerank blog tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang mempengaruhi algoritma pagerank blog tersebut, dan sepertinya tidak seorang blogger pun yang dapat mengetahuinya secara pasti, karena hal ini memang sengaja dirahasiakan oleh Google.

Namun, dari sejumlah hal yang dirahasiakan tersebut, ada beberapa hal yang masih dapat kita pergunakan sebagai acuan yaitu algoritma Google pagerank awal, seperti terurai di bawah ini  :

PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan

    PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

    PR(A) adalah Pagerank halaman A
    PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
    C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
    d adalah damping factor yang bisa diberi angka antara 0 dan 1.
    N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindeks oleh Google)

Dari algoritma di atas dapat dilihat bahwa pagerank blog ditentukan untuk setiap halaman artikel web/situs/blog anda, dan bukan keseluruhan situs/web/blog. Pagerank sebuah halaman blog ditentukan dari pagerank halaman blog yang mengacu kepadanya, yang juga menjalani proses penentuan pagerank blog dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Cukup rumit juga kita menganalisanya.

Berikutnya, ada algoritma penentuan pagerank blog berdasarkan jumlah backlink berkualitas dari sebuah situs/web/blog, berdasarkan tabel di bawah ini  :

Majapahit Wilwatikta
Keterangan :
Berdasarkan dafter tabel tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bilamana kita menginginkan blog kita mendapat pagerank #2, maka harus mendapatkan backlink sebanyak 101 backlink dari situs/blog pagerank #1, atau mendapat backlink sebanyak 18 backlink dari situs/blog pagerank #2, atau mendapat backlink sebanyak 3 backlink dari situs/blog pagerank #3, demikian seterusnya (silahkan lihat daftar).

Sejauh manakah validitas kedua metode atau algoritma pagerank blog tersebut di atas ? Masih sulit bagi kita untuk memastikan validitasnya, namun ada baiknya kita mencoba mempraktekkan kedua metode tersebut di atas untuk blog yang kita kelola.

Dari kedua metode algoritma tersebut di atas, ada beberapa hal yang dapat kita cermati dan kita terapkan secara serius dan sistematis, yaitu  :

1. Berusaha untuk selalu menulis artikel (konten blog) yang berkualitas, original serta selalu dibutuhkan oleh banyak orang, jangan hanya main copy-paste.

2. Mulailah untuk mencari backlink yang berkualitas dari situs-situs/blog-blog pagerank tinggi yang memiliki thema sama atau hampir mirip dengan thema yang kita usung pada blog kita. Jangan sembarangan dalam mencari backlink.

3. Promosikan situs/web/blog anda melalui social-bookmark yang telah memiliki reputasi bagus di mata Google, semacam Google plus, Facebook, Technorati dan masih banyak yang lainnya. Jangan sembarangan melakukan promosi.

4. Bila ada cukup waktu, buatlah beberapa dummy-blog yang mendukung eksistensi blog-utama, perlakukan dummy-blog tersebut seperti anda memperlakukan blog-utama anda. Carilah backlink yang berkualitas pula untuk memperkuat posisi dummy-blog tersebut.

Kiranya cukup sampai di sini dulu uraian saya tentang usaha menaikkan pagerank blog (Google Pagerank), semoga bermanfaat. Bilamana ada sobat-sobat yang ingin menambahkan tips menaikkan pagerank blog ini, silahkan menuliskannya pada kotak komentar.
Share this article :

2 komentar:

BLOGGER INDONESIA SEO Reports for wilwatiktamadani.blogspot.com
Check Google Page Rank Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
free counters

Copy kode di bawah ini ke blog sobat, shout-me dan saya pasti linkback anda as soon as posible ....

Popular Posts

Komentar Blog

 
Support : Majapahit Wilwatikta | Cara Gampang
Copyright © 2013. INFO MAJAPAHIT WILWATIKTA - All Rights Reserved
Template Modified by Creating Website Published by Majapahit Wilwatikta
Proudly powered by Blogger